Kamis, 04 Februari 2010

BLUE STRATEGI

Menggunakan BSStec®

untuk Memenangkan Pertarungan Politik


Oleh: TIM KONSULTAN POLITIK LINTAS ASIA




Latar Belakang

  1. Fakta Politik. Berbeda dengan musim politik di tahun-tahun sebelumnya, musim politik di tahun ini sangatlah ‘ramai’. Perbedaan signifikan antara konstelasi tahun ini dan tahun lalu adalah: (a) pada tahun lalu, nomor urut menempati posisi signifikan dalam kemungkinan meraih kursi; saat ini, kandidat dengan suara terbanyak yang punya peluang memperoleh kursi legislatif. Akibatnya, ‘perebutan’ kursi tidak hanya terjadi antar partai yang satu dengan partai lainnya, namun juga dalam lingkaran terdekat sang kandidat sendiri; (b) di masa lalu, seorang calon anggota legislatif bertarung menggunakan pendekatan konvensional-spekulatif. saat ini beberapa pendekatan baru banyak dilakukan karena sangat efektif meraih dukungan massa di lapangan. Serta beberapa perbedaan lainnya.

  2. Jebakan Pesona. Akibat lainnya adalah banyak para calon yang terjebak dalam keterpersonaan, antara lain (a) keterpesonaan pandangan mata; misalnya saat berkumpul dengan massa, maupun saat kampanye terbuka; (b) keterpesonaan dukungan politik, misalnya banyaknya pihak yang datang dan menyatakan dukungan; (c) keterpesonaan oleh dirinya sendiri (terlalu PD); maupun (c) Keterpesonaan oleh keberanian yang tidak berdasarkan perhitungan (nekad).

  3. Akibat. Karena tanpa perhitungan yang baik dan benar, akhirnya banyak kandidat calon anggota legislatif itu yang membuang energi (modal sosial dan modal kapital) secara sia-sia, yang puncaknya adalah kekalahan politik, sosial, dan (tidak jarang) kerugian ekonomi.

  4. Solusi. Agar segala aktivitas politik yang dilakukan oleh kandidat tidak sia-sia, maka ‘kerja politik’ harus diubah dengan pendekatan baru. Pendekatan yang memungkinkan seorang calon anggota legislatif bisa mengetahui dengan baik kapasitas dan modal yang dimilikinya, mulai dari data riil dukungan politik yang dimilikinya, serta jaminan bahwa energi yang dikeluarkan itu efektif meraih dukungan suara di lapangan.


BSStec®

  1. BSStec®. Saat ini, dengan kecanggihan teknologi, seorang kandidat yang mau maju dalam proses politik bisa dibantu. BSStec® adalah teknologi yang menggabungkan kecanggihan teknologi terkini dengan studi ilmiah berbasis kerja lapangan. Teknologi ini memungkinkan seseorang yang maju sebagai kandidat jabatan politik terpetakan dengan baik, mulai dari kekuatan dukungan, maupun cara-cara meraih/ memperbesar dukungan dari pemilih.

  2. BSStec® solusi bagi para politisi yang mau maju kembali sebagai pejabat publik, atau untuk mereka yang baru terjun sebagai politisi. Kecanggihan teknologi yang ditampilkannya bisa membantu sang polisi mengukur kapasitas diri dan kemampuannya—termasuk memprediksi kemenangan dengan modal yang ada. Caranya adalah dengan mengikuti semua prosedur yang dikehendaki oleh teknologi ini.

  3. Dengan menggunakan BSStec® seorang kandidat bisa: (1) mengetahui modal politik dasar dia sebelum memutuskan maju atau tidak; (2) sebaran pendukung/ dukungan yang bisa mendorongnya memenangkan kontestasi; (3) meningkatkan elektabilitas dengan mekanisme yang tepat dan efisien; (4) memperkuat basis dukungan. Sehingga dengan kemampuan analitis yang obyektif ini, seorang politisi bisa bekerja efektif di lapangan, termasuk membangun keputusan politik yang jitu dan tidak spekulatif.




Paket

  1. Disamping itu, karena sifat dari teknologi yang inhern di dalamnya, maka fleksibilitas sistemnya sangat kuat. Seorang politisi yang akan maju bisa menggunakan teknologi ini sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan. Saat ini tersedia tiga paket konstruksi yang bisa ditawarkan dengan kualifikasi kapasitas sebagai berikut:

    1. Paket A, atau Paket minimal. Paket ini menawarkan beragam instrumen yang bisa membantu kandidat mulai dari: (a) analisis awal perkiraan peroleh suara. (b) Pemetaan karakteristik pendukung, bukan pendukung, dan bahkan lawan pendukung. Pemetaan ini akan memberikan penjelasan mengenai siapa saja pendukung Anda, mulai dari usia, penghasilan, pendidikan, dan bahkan jalur dukungan.

Dengan dua hal ini, kandidat akan memperoleh keuntungan informasi apakah kontestasi akan terus dilanjutkan atau tidak. Atau jika mau dilanjutkan dengan modal politik yang ada saat ini, kira-kira mekanisme penggalangan dukungannya seperti apa. Paket A ini tidak akan menawarkan strategi maupun materi kampanye. Intinya, paket A hanya menawarkan informasi dasar bagi kandidat yang langkah selanjutnya harus diteruskan oleh tim kampanyenya.

    1. Paket B atau paket menengah. Paket ini selain menawarkan hal-hal yang dihadirkan pada paket A, ditambah pemetaan spasial dukungan politik berikut isu-isu yang beredar di kalangan pendukung, yang bisa meningkatkan dukungan politik kandidat. Pada paket ini juga termasuk pelatihan bagi tim sukses dalam membangun strategi kampanyenya agar bisa memenangkan pemilihan. Dengan demikian, tim kampanye kandidat bisa membangun dukungan yang terstruktur bagi kemenangan.

    2. Paket C, atau paket ekslusif. Paket ini menawarkan beragam instrumen ada pada paket A dan paket B. Dilengkapi dengan pelatihan tim kampanye berikut pendampingannya. Selain itu, pada paket C ini juga ada agenda pemeliharaan suara agar bisa dipastikan bahwa para pemilih itu datang dan mencoblos sang kandidat.

  1. Dengan tersedianya paket-paket tersebut, diharapkan kandidat bisa nyaman dalam membangun cita-citanya tanpa dilanda kecemasan.


Keuntungan

Secara sederhana ada dua model keuntungan yang bisa diraih jika seorang kandidat menggunakan instrumen BSStec® ini: keuntungan umum minimal yakni bentuk keuntungan langsung karena si kandidat tidak lagi perlu berspekulasi dalam menjadi kontestan politik. Seorang kandidat akan memutuskan menggunakan logika yang rasional, termasuk merencanakan langkah-langkah selanjutnya. Selain keuntungan minimal ada juga keuntungan maksimal, yakni seorang kandidat yang menggunakan instrumen ini akan bisa membangun kekuatan baru, atau mempertahankan kekuatan lamanya dan selanjutnya memenangkan persaingan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar