Jumat, 22 Januari 2010

Model 00.002 A Bagian 4 : PELAKSANAAN

Pelaksanaan usaha yang konsisten (istiqomah) menjadi kunci sukses suatu usaha. Suatu impian yang dituangkan dalam perencanaan akan menjadi sekedar angan-angan belakan bila tidak dilaksanakan.

Keberanian mengawali suatu usaha menjadi kunci sukses. Janganlah takut gagal. Kegagalan adalah suatu hal yang biasa dalam suatu usaha.

Takut gagal dalam usaha menjadi penghambat mental. Kegagalan yang terjadi menjadi cambuk dalam usaha, agar kita tidak mengulang kembali kegagalan yang sama.

Konsep dari pelaksanaan dari suatu usaha adalah DARI TIDAK ADA MENJADI ADA dan DARI ADA DIKEMBANGKAN SAMPAI TUJUAN TERCAPAI.

Langkah awal menentukan pencapaian tujuan usaha. Bagaimana tujuan bisa diwujudkan. Pada pelaksanaan perlu ada kemitraan dan konsistensi dalam usaha.

Bentuk dari komitmen dan konsistensi usaha adalah FOKUS pada usaha yang dijalankan. Ibarat kaca pembesar (suryakanta) yang di arahkan ke matahari dan fokus sehingga sinar matahari yang lewat suryakanta tersebut yang fokus pada suatu obyek maka obyek tersebut akan terbakar.

Fokus menjadi syarat utama dari pelaksanaan usaha apapun. Usaha yang fokus dengan diiringi oleh dokumentasi dari berbagai kejadian dan transaksi yang terjadi menjadi daya kekuatan untuk mewujudkan berbagai usaha kita.

Pendokumentasian atau pencatatan transaksi sebagai kegiatan utama administrasi sangat diperlukan untuk upaya pengembangan usaha untuk lebih maju lagi. Pencatatan berfungsi menggambarkan perjalanan usaha yang telah dilakukan.

Pencatatan secara umum ada empat, yaitu: jurnal harian, laporan bulanan, laporan tahunan dan neraca. Pencatatan dilakukan mulai dari yang sederhana sesuai dengan kapasitas usaha yang dijalankan.

Hasil pencatatan ini dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk pengembangan usaha. Pelaksanaan usaha dilakukan secara terus menerus sampai tujuan yang diinginkan terwujudkan (istiqomah).

Apabila tujuan telah terwujud, maka dibuatkan tujuan baru sebagai upaya pengembangan usaha. Artinya kita harus membuat mimpi baru. Di sini fungsi pencatatan sangat berperan dalam memunculkan harapan-harapan baru alias mimpi-mimpi baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar