Rabu, 20 Januari 2010

Model 00.002 Bagian 2: MIMPI

Setiap manusia mempunyai impian (dream). Impian ini menjadi gambaran apa yang diinginkan orang yang bermimpi atau memimpinkannya (vision).

Impian tidak hanya terjadi pada saat tidur. Impian yang dimaksud adalah harapan (hope) yang diinginkan oleh manusia, baik disadari maupun tidak oleh manusia.

Manusia cenderung berupaya menggapai beberapa harapan yang dimilikinya. Harapan-harapan ini dapat menjadi motivasi manusia untuk berusaha dan berusaha terus berusaha. Harapan manusia dari suatu pasanga

Seorang anak merengek kepada ibunya / orangtuanya meminta sepeda. Permintaan ini mendorong orang tuanya untuk berusaha / bekerja mendapatkan apa yang diinginkan oleh anaknya. Harapan ini muncul dari keinginan (want) dan kebutuhan (need) manusia.

Keinginan (want) merupakan hasrat manusia terhadap sesuatu di luar kebutuhan pokok manusia. Misal: keinginan memiliki perhiasan emas, mobil dan sebagainya.

Kebutuhan (needs) merupakan sesuatu yang harus dipenuhi berdasarkan potensi yang dimiliki manusia. Kebutuhan pokok manusia yaitu: pangan, sandang dan papan.

Impian atau harapan muncul dari keinginan dan kebutuhan manusia. Setiap manusia senantiasa mengharapkan kehidupan yang layak dalam hidup ini.

Doa merupakan harapan yang setiap manusia memiliki dan melakukan. Robbana atina fiddunya hasanah wa qina adabannar .... ya tuhanku berikan kebaikan di dunia dan jauhkan dari adab api neraka.

Bermimpilah kamu sebelum kamu mati!!! Mimpi atau harapan menjadi dinamika kehidupan dan menjadikan hidup ini semakin indah.

Bagaimana hubungan mimpi / harapan dengan usaha yang dilakukan manusia? Setiap manusia mempunyai tujuan yang ingin dicapai dalam hidupnya. Tujuan ini merupakan bagian dari wujud kita bermimpi atau berharap.

Menentukan tujuan dalam hidup ini diawali dari rumusan berbagai harapan yang ingin dicapai pada masa depan. Jadi mengawali usaha haruslah mempunyai impian atau harapan.

Jadi mengawali usaha bisa hanya dengan bermodalkan mimpi / berharap. Maka identifikasikan atau kumpulkan semua harapan atau impian kita di masa datang untuk kemudian direalisasikan dalam kehidupan nyata.

Buatlah daftar impian atau harapan yang ingin dicapai pada masa depan. Dafar ini sangat membantu kita mengolah pikiran untuk mencapainya serta akan lebih mantap lagi kalau disertai dengan gambar-gambar (visualisasi) dari impian atau harapan tersebut.

Kemudian dari dari daftar impian / harapan tersebut tentukan prioritas yang diinginkan untuk dicapai. Dari daftar impian / harapan dibuatlah Daftar Prioritas.

Prioritas dimulai dari impian yang mudah dicapai sampai yang sulit dicapai, serta prioritas dari yang dapat dicapai pada masa jangka pendek sampai pada jangka panjang (susunannya jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang). Daftar prioritas ini digunakan untuk menentukan berbagai pilihan apa yang harus dikerjakan.

Pilihan usaha menjadi ujung dari daftar impian dan daftar prioritas. Hidup ini adalah memilih. Sehingga setiap perilaku dan usaha manusia merupakan pilihan yang dapat dipertanggunjawabkan dalam kehidupannya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar