Sabtu, 26 Desember 2009

DAHSYATNYA PIKIRAN MANUSIA (3)


Tuhan menciptakan otak manusia, dan otak ini dibagi dalam dua bagian, yakni otak kira dan otak kanan yang memiliki fungsi yang berbeda.

1. Fungsi Otak Kiri
Otak bagian kiri juga sering disebut otak obyektif karena fungsinya adalah menilai secara obyektif. Otak kiri memiliki logika, nalar, bersifat objektif, lebih menerima kata-kata (verbal), self-oriented (suka sendiri atau mandiri), meniru, dan terarah atau punya tujuan.

2. Otak kanan memiliki fungsi: intuisi, emosi, subyektif, lebih menerima apa yang dilihat (visual), group oriented (suka berkelompok), relational (mementingkan hubungan antar pribadi), creatif dan suka tidak terarah (suka bermain/playfulness).

Jadi kita melihat bahwa fungsi otak kira dan otak kanan itu sepertinya bertentangan. Dan inilah yang mengendalikan manusia. Tergantung otak bagian mana yang lebih berperan. Kalau kita terlalu kritis, suka sendiri dan suka cuek pada situasi di sekitar kita berarti otak kiri lebih dominan. Tetapi kalau kita gampang emosi, suka berkelompok, punya banyak teman berarti otak kanan kita lebih dominan. Tentu saja dalam kehidupan keseharian kita, kita perlu menyeimbangkan kedua belah otak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar